Kenali 4 Penyebab Sakit Mata Berdasarkan Gejalanya


Sakit mata atau konjungtivitis memiliki gejala khas yang berbeda-beda, berdasarkan penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat.

Menurut Dokter Spesialis Mata, berikut ini beberapa gejala sakit mata, sesuai dengan penyebabnya:

1. Akibat virus

Sakit mata yang disebabkan oleh virus disebut dengan viral konjungtivitis. Gejalanya mirip dengan gejala flu. Selain itu, cairan mata juga menjadi encer dan bening. Jenis sakit mata yang satu ini sangat menular. Maka, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, agar tidak menularkannya pada orang lain.

2. Akibat bakteri

Konjungtivitis ini merupakan jenis sakit mata yang paling banyak terjadi. Selain mata merah, konjungtivitis akibat bakteri ini juga menghasilkan sekret tebal berwarna kuning kehijauan, atau yang sering disebut dengan belekan. Jenis yang satu ini juga sangat menular.

3. Akibat alergi

Alergen yang sering menjadi penyebab konjungtivitis adalah debu, tungau, dan bulu binatang. Konjungtivitis akibat alergi, akan menimbulkan gejala mata gatal dan terkadang muncul lapisan lengket pada bulu mata. Berbeda dengan konjungtivitis akibat virus dan bakteri, sakit mata akibat alergi, tidak menular.

4. Akibat iritasi

Sakit mata akibat iritasi, biasanya terjadi saat mata terpapar benda asing atau kelilipan. Gejala yang akan timbul adalah mata berair, terkadang sedikit kental, dan disertai dengan rasa mengganjal pada mata. Anda sebaiknya melindungi mata Anda saat sedang di luar rumah, seperti menggunakan kacamata atau helm saat mengendarai motor.

Maka dari itu, orang umumnya akan mencegah dan mengurangi sakit dengan obat atau suplemen khusus mata. Jika memang dirasa lama belum sembuh-sembuh juga, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui gejala sakit mata yang sedang Anda alami. Oh ya, jangan sembarangan menggunakan tetes mata. Bila tak sesuai, tetes mata yang Anda gunakan justru akan menimbulkan dampak yang lebih buruk.

0 komentar:

Posting Komentar